Mengenal Teknologi Jaringan 5G dan Beberapa Fakta Seputarnya

Teknologi Jaringan 5G

Layanan jaringan 5G akhirnya tersedia di Indonesia, Telkomsel dan Indosat ooredoo adalah dua perusahaan teknologi jaringan 5g dapat mencapai kecepatan yang mendapatkan izin untuk menyediakan layanan tersebut secara komersial. Meski belum tersebar merata keseluruh wilayah di Indonesia nyatanya teknologi ini menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para pengguna smartphone di Indonesia.

Siapa yang tidak ingin merasakan sensai berselancar di dunia maya dengan koneksi jaringan ngebut, dan pasti setiap orang akan merasa kesal jika koneksi jaringan terasa lambat dan tersendat. Teknologi generasi kelima atau 5G, maka inilah jawaban teknologi jaringan 5g pertama kali diluncurkan pada tahun atas lambat dan tersendatnya jaringan saat sedang internetan.

Baca Juga : Spek Dan Teknologi Elit Xiaomi 14T Pro Yang Bakal Hadir Di Indonesia

Teknologi jaringan 5G adalah adalah standar komunikasi seluler lanjutan yang memberikan kecepatan lebih ketimbang pendahulunya, yakni standar 4G. Berikut beberapa fakta seputar jaringan 5G yang perlu kamu ketahui:

Latensi Rendah

Teknologi jaringan nikabel 5g dirancang untuk apa adalah jaringan seluler generasi kelima, jaringan ini adalah standar kabel global baru setelah jaringan 1G, 2G, 3G dan 4G. Melansir Qualcomm, 5G ditunjukan untuk memberikan kecepatan data puncak multi-Gbps, latensi rendah (minim terjadi penundaan), hingga kapasitas jaringan besar.

Sangat Cepat

Tentang teknologi jaringan 5g dirancang untuk memberikan kecepatan data puncak hingga 20 Gbps berdasarkan persyaratan IMT-2020. Selain kecepatan data puncak yang lebih tinggi, 5G dirancang untuk menyediakan lebih banyak kapasitas jaringan dengan memperluas ke spektrum baru, seperti mmWave. 5G juga dapat memberikan latency yang jauh lebih rendah, sehingga kecepatan data tetap tinggi secara konsisten. Bahkan saat pengguna berpindah-pindah.

Tersedia Di Banyak Negara

Operator global mulai meluncurkan jaringan 5G pada awal 2019. Selain itu semua produsen smartphone besar juga telah menjual ponsel 5G. Berdasarkan data, 5G telah digunakan di lebih dari 60 negara dan terus bertambah. Peluncuran dan adopsi 5G dinilai jauh lebih cepat dibandingkan dengan 4G.

Berfungsi di Ponsel 4G/LTE

Mengutip dari Mobile App Daily, pengguna tetap dapat mengakses teknologi jaringan 1g-5g jaringan 5G di smartphone 4G/LTE. Namun kedepannya produsen smartphone akan tetap merilis varian smartphone khusus 5G untuk memanfaatkan teknologi ini secara maksimal.

Baca Juga : Inovasi Teknologi Yang Mampu Menggeser Smartphone

Teknologi Aman

5G merupakan teknologi yang aman bagi manusia, hewan maupun tumbuhan. Perusahaan jasa konsultasi Deloise menyebutkan bahwa teknologi 5G lebih aman dibandingkan dengan teknologi generasi sebelumnya. 5G juga dirancang untuk menggunakan sedikit daya dibandingkan dengan generasi sebelumnya sehingga daya yang dihantarkan juga lebih rendah.

Boros Atau Hemat Data ?

Teknologi jaringan 5G menghadirkan pengalaman yang lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya, dengan menyuguhkan koneksi data yang cepat. Semakin cepat koneksi data, akumulasi data yang dikonsumsi bisa lebih besar, tapi nyatanya itu tak membuat boros paket internet atau pulsa yang dimiliki. Boros atau tidak datanya tergantung pengguna masing-masing smartphone.