Memahami Arti Dari Nano Teknologi Dan Pengaplikasiannya

nano teknologi

Hal apa yang akan kamu bayangkan ketika pertama kali mendengar nano teknologi, jika ditarik dari kata nano maka bermakna suatu ukuran yang sangat amat kecil. Nah berikut adalah penjelasan lebih rinci mengenai nano teknologi. Nanoteknologi pada dasarnya dideskripsikan sebagai sains yang berhubungan dengan kontrol materi pada skala atom dan molekul. Dengan teknologi nano adalah membuat zat menjadi ukuran yang sangat kecil hingga sebab itu maka sifat dan fungsi zat tersebut bisa diubah sesuai dengan yang diinginkan.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Teknologi AI Dan Contoh Penerapan Dalam Kehidupan Sehari-hari

Kata nano sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti kerdil, ini sesuai dengan ukuran yang dimana satu nano adalah sepersejuta meter. Jadi dapat dikatakan satu nano meter 100 ribu kali lebih kecil dari lebar rambut manusia. Membuat hal-hal baru pada skala yang sangat kecil disebut dengan nano teknologi, yang merupakan salah satu bidang sains yang paling menarik dan bergerak sangat cepat di zaman ini.

Penemuan Nano Teknologi

Nano Teknologi pertama kali dideskripsikan ditahun 1959 oleh Richard Payment, pada kuliah yang berjudul “There is planty of room at the bottom” atau ada banyak ruang di bawah. Dalam pidatonya ini Payment membahas pentingnya memanipulasi dan mengendalikan sesuatu pada skala yang kecil. Dia juga menggambarkan bagaimana fenomena fisik mengubah manifestasinya bergantung pada skala atom.

Inilah yang menjadi cikal bakal dari pengertian nano teknologi, sehingga symon dijuluki sebagai bapak nano teknologi. Sebenarnya istilah nanoteknologi digunakan pertama kali oleh para ilmuan Jepang Norio Taniguchi dalam sebuah makalah di tahun 1974 tentang produksi teknologi yang menciptakan objek dan fitur berdasarkan urutan nanometer.

Beberapa Teknologi Lanjutan Dalam Bidang Teknologi

Dengan adanya teknologi lanjutan nanoteknologi ini, kita dapat melihat bahwa potensi manfaat nanoteknologi ini sangat besar dan beragam. Tentunya dengan teknologi ini banyak kemajuan seperti dibidang elektronik, olahraga, tekstil, kesehatan, energi, linkungan dan banyak lagi bidang lainnya.

Nano Robot

Nano robot adalah robot yang berukuran sangat kecil, ukuran nano robot ini hanya sebesar beberapa nanometer saja. Sehingga dapat melakukan tugas yang sangat presisi seperti memperbaiki sel dalam tubuh manusia.

Nano Sensor

Nano sensor adalah sensor yang berukuran nanometer yang mampu mendeteksi suatu zat atau kejadian tertentu dalam jumlah yang sangat-sangat kecil. Nano sensor digunakan dalam banyak aplikasi seperti:

  • Pendeteksi gas
  • Pendeteksi bahan kimia
  • Monitoring Kualitas air
  • Mendeteksi Kanker

Nanotube Karbon

Nanotube karbon adalah material yang terdiri dari struktur karbon dengan ukuran nanometer, nanotube karbon memiliki sifat yang sangat unik seperti kekuatan yang tinggi dan konduktivitas listrik yang baik sehingga digunakan dalam banyak aplikasi seperti Elektronik dan material komposit teknologi nanomaterial.

Nano Medis

Nano medis adalah bidang ilmu kesehatan yang digunakan nanoteknologi yang digunakan untuk mengembangkan obat-obatan dan teknologi kesehatan. Nano medis memiliki potensi untuk mengubah cara kita mencegah, mendiagnosis dan mengobati penyakit seperti kangker, diabetes dan penyakit jantung teknologi nano dalam bidang kesehatan.

Nano Pelapis

Nano pelapis adalah lapisan material yang berukuran nanometer digunakan melindungi suatu permukaan benda untuk melindungi dari kerusakan seperti korosi, aus dan masih banyak lagi. Nano pelapis dapat digunakan pada permukaan logam, kaca, dan plastik sehingga dapat digunakan dalam banyak aplikasi seperti otomotif, pesawat terbang atau bangunan.

Nano Teknologi Batrai

Telah digunakan untuk mengembangkan batrai yang sangat kecil, ringan dan tahan lama. Beberapa contoh nano batrai ialah batrai Lithium dan ion nano yang telah digunakan dalam berbagai aplikasi elektronik seperti smartphone dan laptop.

Skala ukuran yang sangat kecil ini memungkinkan sifat-sifat material dapat berubah secara signifikan, sehingga mampu menghasilkan kinerja yang lebih baik atau kemampuan yang lebih unggul dibandingkan dengan material atau teknologi yang sebelumnya.

Perkembangan Teknologi Nano di Idonesia

Tidak hanya diluar negeri, perkembangan teknologi nano di Indonesia yang berbasis pengolahan materi berukuran satu per miliar meter. Pusat analsis penelitian terpadu di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Dengan teknologi nano kekayaan sumber daya alam Indonesia bisa diberi nilai tambah guna memenangi persaingan Global. Dengan menciptakan zat berukuran satu per sepermiliar meter sifat dan fungsi zat tersebut bisa diubah sesuai dengan yang diinginkan. Kecanggihan teknologi itu tentu bisa berjalan seimbang dengan fasilitas yang mumpuni yang salah satunya dnegan laboratorium khusus pengembangan teknologi nano yang digagas oleh pengusaha Mochtar Riady.

Bangunan dengan lima laboratorium pendukung tersebut diharapkan bisa bertanding dengan fasilitas teknologi nano di negara-negara lain. Kepala laboratorium risearch nano device Joko Hartanto mengatakan bekerja sama dengan negara lain sangat diperlukan agar teknologi nano di tanah air bisa berkembang maksimal.

Kerjasama Dengan Jepang

Menjalin kerjasama dengan Shizuka University asal Jepang diharapkan mampu menghasilkan prototipe-prototipe yang berguna bagi masyarakat luas. Peralatan pada teknologi sangat mahal sehingga yang dasar kita penuhi tetapi untuk peralatan-peralatan yang lebih dalam lagi mungkin kita akan bekerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri yang telah memiliki alat tersebut.

Untuk peralatan sendiri yang sebenarnya sangatlah mahal dan canggih, jadi untuk memenuhi hal tersebut kerjasama dengan berbagai pihak dari negara-negara lain tentunya sangat dibutuhkan. Perkembangan teknologi nano diharapkan bisa menjawab tantangan masyarakat khususnya dalam bidang pembaruan energi matahari, air dan angin.